Menelusuri Tanda "Kelahiran Kanker"



Para ilmuwan dari Inggris dan AS tengah bekerjasama menyelidiki bagaimana sel kanker lahir. Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk mendeteksi dan mengobati penyakit tersebut sebelum muncul.

Mereka berencana "melahirkan" kanker di laboratorium untuk mengamati secara pasti bagaimana bentuk sel kanker sejak hari pertama terbentuk. Ini hanyalah satu dari sejumlah hal yang diprioritaskan penelitian Aliansi Internasional bagi Deteksi Dini Kanker/International Alliance for Cancer Early Detection. 

Badan kemanusiaan Cancer Research UK bekerja sama dengan Universities of Cambridge, Manchester, University College London (UCL), dan Stanford serta Oregon di AS, untuk berbagi ide, teknologi dan keahlian mereka dalam bidang ini.

Segala macam tes dilakukan dalam penelitian ini, mulai dari tes darah, napas dan urine. Hal ini dilakukan untuk mengawasi pasien berisiko tinggi, memperbaiki teknik penginderaan guna mendeteksi dini kanker dan mencari tanda-tanda yang tidak terlihat dari penyakit ini. 

Namun menurut ahli, apa yang mereka lakukan mirip seperti mencari jarum dalam jerami. Pasalnya, hal ini memerlukan waktu sampai 30 tahun. 

"Masalah intinya adalah kita tidak pernah melihat kanker dilahirkan di manusia," kata Dr David Crosby, kepala penelitian deteksi dini Cancer Research UK. "Saat ditemukan, kanker sudah ada." 

Para peneliti dari Manchester, Inggris misalnya mengembangkan jaringan payudara manusia di laboratorium yang menggunakan sel kekebalan buatan untuk mengetahui apakah mereka dapat melihat perubahan paling pemulaan yang dapat melahirkan kanker. 

Profesor Rob Bristow mengatakan ini sama dengan "bank jaringan hidup di luar pasien". Tetapi selalu terdapat bahaya akan diagnosa-berlebihan, karena tidak semua perubahan dini sel akan melahirkan kanker.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tim Ilmuwan Inggris dan AS sedang Menelusuri Tanda "Kelahiran Kanker"

Sumber : Kompas.com

0 Komentar