World Innovative Science Fair (WISF) Sukses Digelar Tahun ini

Penyelenggaraan World Innovative Science Fair (WISF) 2021 telah dilaksanakan dari tanggal 10 s.d 18 Juli 2021 dengan sukses dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta. Sebanyak 84 tim terpilih dari 24 negara ambil bagian dalam kompetisi ini.

Walau dalam situasi dunia yang tak menentu karena pandemi, tak mengurangi semangat juang para peserta untuk menampilkan proyek riset yang luar biasa.

Rangkaian pertama dari WISF adalah dibuka dengan agenda Scientific Webinar yang diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2021. Para peserta melakukan sosialisasi risetnya melalui webinar yang mereka rancang sendiri dengan mengundang masyarakat setempat di negaranya. Tujuan dari agenda ini adalah bagaimana membangun iklim ilmiah ditenga masyarakat melalui research sharing session.

Setelah pelaksanaan Scientific Webinar, agenda selanjutnya adalah Virtual Exhibition on Youtube yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2021. Video yang dibuat peserta, diunggah ke youtube channel Indonesia Scientific Society dan membuat playlist yang siap dikunjungi oleh benyak orang dari seluruh dunia. Jika diibaratkan playlist di youtube adalah sebagai sebagai sebuah gedung, maka video peserta adalah booth yang menampilkan karya riset mereka. Tercatat dalam analitik, virtual exhibition ini dikunjungi oleh lebih dari 30 ribu viewer. 

Agenda ke-3 dari rangkaian WISF adalah pelaksanaan Judging Session (live virtual presentation) yang dilaksanakan dari tanggal 12 s.d 14 Juli 2021 melalui zoom meeting. Peserta dibagi kedalam 2 room, yakni room A dan room B. 

Bertindak sebagai dewan juri di room A adalah Prof. Dr. Yayan Sanjaya (Guru besar biologi Universitas Pendidikan Indonesia/Staf Ahli ISS), Dr. Arie Hardian, M.Si (Dosen Universitas Achmad Yani/Staf ahli ISS) dan Yanni Puspitaningsih, M.Si (PPPPTK IPA Kemdikbudristek). Sementara juri untuk room B adalah Dr. Kartika Hajar Kirana, M.Si (Dosen Universitas Padjajaran/Staf Ahli ISS), Rahadian Sri Pamungkas, S.Si (Ketua Internasional Relation ISS) dan Mr. Khang Cao Nguyen (Professor of Physics at Hanoi National University of Education, Viet Nam). 

Agenda ke-4 dari event WISF adalah pelaksanaan program Meeting of the International for Research Education (MIRE) yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2021. Pada pelaksanaan, MIRE berfokus pada perbincangan mengenai bagaimana budaya riset digalakkan oleh masing-masing negara. Selain itu, pada acara ini setiap supervisor menshare pengalaman dalam membangun riset di sekolah/instansi.

Agenda terakhir dari pelaksanaan WISF adalah Closing and Awarding Ceremony sekaligus pelaksanaan International Scientific Webinar dengan menghadirkan 2 pembicara yakni, Prof. Dr. Yudi Samudya, P.hD (Dekan dan Profesor Sekolah Aplikasi STEM Universitas Prasetiya Mulya) dan Jacquiline Prawira (Peneliti muda berprestasi dari U.S.A/ Juara 2 kali Regeneron ISEF dan peraih grand award Broadcom MASTER 2018).

Setelah agenda tersebut, pelaksanaan WISF berakhir dan sukses di gelar. 


Terbaru