Pola pikir dan sikap ilmiah pada siswa dapat dipupuk melalui Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di sekolah. Karena kegiatan ilmiah mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian dan perkembangan intelektual siswa.
Keberadaan KIR yang selama ini sudah tumbuh dan berkembang di sekolah mempunyai beberapa tujuan dan manfaat yang positif bagi peserta didik, yaitu: membangkitkan rasa keingintahuan terhadap fenomena alam yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kemampuan berpikir kritis terhadap fenomena alam, meningkatkan kreativitas yang menumbuhkan kemampuan berkreasi dan daya kritis, menambah wawasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi, memperluas wawasan dan kemampuan komunikasi melalui pengalaman presentasi ilmiah.
Atas dasar pemikiran tersebut, Indonesia Scientific Society sebagai sebuah lembaga independen menyelenggarakan program KIR Mitra sebagai upaya untuk memajukan dunia KIR di Indonesia.